Wednesday, April 13, 2011

KANDANG JANGKRIK IDEAL

Hemmmm ... " KANDANG JANGKRIK IDEAL ".
Untuk menentukan sesuatu yang ideal menurut saya agak sulit (relatif) karena butuh proses penelitian yang baik dan ditarik kesimpulan bahwa itu adalah " ideal ".

Disini saya akan jelaskan bagaimana membuat kandang jangkrik yang baik, kalau ini murni berdasarkan pengalaman saya, jika ada yang melihat apa yang saya jelaskan kurang standar mohon masukkannya ( diperuntukkan khusus untuk pemula / acuan untuk beternak jangkrik )

Kandang yang baik adalah kandang yang :
  1. Jangkrik terhindar dari pemangsa ( Cecak, Semut, laba-laba, ayam, dan pemangsa lainnya, oh iya bahkan kucing pernah masuk kekandang jangkrik saya he3x ... beneran loh !!!!, maklum waktu itu tidak terbayangkan bahwa kucing akan masuk ke kandang jangkrik saya.
  2. Mudah untuk mengontrol keadaan dan pertumbuhan jangkrik setiap waktu.
  3. Menjadikan Kandang yang nyaman untuk jangkrik, nah .. masalah nyaman ini menurut saya, bukan jangkriknya yang bilang ke saya kalau mereka udah nyaman . he3x becanda lagi.
  4. Pastikan sirkulasi udaranya bagus, teman - temannya saya ( nggak begitu kenal soalnya ) pernah mengalami kegagalan, alias jangkriknya mati semua dikarenakan sirkulasi yang kurang bagus.
  5. Memudahkan pada saat pemanenan.
  6. Jangan terkena sinar matahari langsung.
Berikut ini contoh Referensi kandang jangkrik dari www.astrik.org

Gb.1

Gb.2



Sekarang kita memasuki Pembuatan , bahan dan bentuk kandang jangkrikyang saya buat sekarang :

Bahan-Bahan Pembuatan kandang Jangkrik :
1. Triplek
2. Paku Kecil
3. Kayu Kaso Kecil / kayu reng
4. Lem Kayu
5. Lakban Coklat yang besar ( ukuran 44 mm )
6. jangan lupa sediakan gunting, gergaji ( inimah nggak usah saya jelasin ya )

Proses pembuatan :

  • Bentuk menjadi persegi panjang dengan ukuran : Panjang = 50 Cm, Lebar = 60 Cm Tinggi = 120 Cm
  • Beri Lem kayu pada setiap sudut untuk menutupi celah , perlu diketahui pada saat menetas jangkrik berukuran sangat kecil.
  • Beri pinggiran atas bagian dalam dengan Lakban Coklat ... fungsinya agar jangkrik tidak bisa merayap terus ke atas.
  • Jangan Lupa untuk Kandang Kaki dari kandang jangkrik beri jarang Min 20 Cm dan beri mangkuk yang diisi air dan garam, untuk menghindari semut , alternatif lain silahkan beri Lem tikus.

No comments:

Post a Comment